Biografi Abiya Doktor Samalanga-Jambi

  • Whatsapp
banner 468x60

Biografi Singkat. Dr. Tgk. Riyandi Syafri, MA, (Abiya) Tuan Guru Muda Dari Tanah Melayu Seling-Merangin-Jambi.

Kesungguhannya menuntut ilmu dibuktikan dengan belajar di Madrasah Nurul Falah Seling (1990-1995). melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren Syekh Maulana Qory Titian Teras Bangko selama tiga tahun (1995-1997) Asuhan Ulama kharismatik Tuan Guru KH. Abdul Satar Saleh. Kemudian melanjutkan pendidikan di bumi Serambi Mekkah Aceh tepatnya di Dayah/Pondok Pesantren Ma’hadal Ulum Diniyyah Islamiyyah (MUDI) Mesjid Raya Samalanga-Bireuen-Aceh (1997-2003-Pondok Tertua Di Aceh). Asuhan Ulama Kharismatik Syekhuna Al-Mukarram Tgk. H Hasanoel Bashry HG yang lebih dikenal dengan sebutan Abu Mudi Samalanga-Aceh.

Bacaan Lainnya

Sembari mengaji mondok selama enam tahun ia melanjutkan kuliah Strata satu jurusan Hukum keluarga islam di STAI Al-Aziziyah Samalanga-Bireuen (2003-2008). Kemudian melanjutkan pendidikan Strata dua bidang Hukum Islam konsentrasi Fiqh Moderen (2009-2011) di Pascasarjana IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh. Kemudian melanjutkan lagi Pendidikan Strata tiga Pos Doktoral Bidang Hukum Islam di UINSU Medan (2012-2018).

SOSOK Abiya lebih populer sebagai tenaga pendidik atau guru pondok dan juga dosen dibawah Al-Mamater Al-Aziziyah Samalanga yang ramah dan santun disamping kegiatannya yang juga padat dalam dunia bisnis juga aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan notabennya menjabat sebagai Ka HUMAS di IAI Al-Aziziyah Samalanga (2012-2019). Juga HUMAS Dayah Jamiah Al-Aziziyah Batee Iliek Samalanga-Bireuen-Aceh dibawah asuhan Dr.Tgk. Muntasir A. Kadir MA.(Menantu dari Abu Mudi Samalanga).

Kajiannya fokus dunia hukum keluarga Islam, Sosiologi dan Antropologi yang tidak semua orang bisa menyampaikan secara detail dan penuh tamsilan tapi beliau bisa membuat orang terkesima apabila berkomentar atau berdakwah dalam dunia panggung agama atau dunia akademisi.

Jiwanya

Profil Abiya Doktor pembawaannya tenang, rileks dan berwibawa saat menyampaikan materi dakwah dan saat mengajar juga saat bergaul sesama teman sejawatnya. Pembawaan ini membawa pesona tersendiri di kalangan jamaah dan murid muridnya. Abiya Doktor juga santun dalam menyampaikan pesan pesan agama dan pendapatnya, tidak mudah terpancing emosi walau dalam keadaan genting sekalipun.

Asal Seling-Merangin-Jambi.

Dr. Tgk. Riyandi Syafri, MA merupakan seorang pakar hukum Islam asal Sumatera Tengah (Jambi). Abiya Doktor lahir di Seling, pada 07 Juni 1979 dari pasangan H. M. Syafri Syahroni dan Hj. Halimah Binti Abdurrazak.

Beliau juga dosen ilmu Hadits Ahkam, Tafsir Ahkam dan Hukum Pidana Islam di Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAI Al-Aziziyah Samalanga-Aceh dari tahun 2012 sampai dengan sekarang.

Selain itu, Abiya Doktor juga aktif sebagai pengajar/pemateri dalam berbagai seminar, berorganisasi salah satunya adalah HMI atau Organisasi Islam lainnya.

Pada akhir 2015, ia mendirikan Yayasan Serambi Mekkah Al-Aziziyah-Jambi, dan Ponpes Serambi Mekkah Al-Aziziyah Pelawan Jaya Singkut-Sarolangun-Jambi.
Atas modal dasar pendirian Pondok Pesantren Serambi Mekkah Al-Aziziyah di atas lahan Hibbah kurang lebih 1.5 Ha dari mertua Alm. Bapak M Zen Roni. Ponpes tersebut mulai berkembang secara perlahan lahan. Penyelengaraan pendidikannya
fokus pada pengajian Ahlussunnah Waljama’ah dan kitab kitab kitab turats fiqh Syafi’iyyah. Alhamdulillah saat ini ponpesnya sudah dapat menampung ratusan santri yang ingin belajar ilmu Agama fokus pada pengajian kitab kuning.

Abiya Doktor mengatakan dalam dakwahnya tidak boleh mengkafirkan orang lain dan membid’ahkan amalan sunnah, Jangan mudah tersinggung, jangan merasa diri lebih hebat dari orang lain. Dalam konten menebarkan syiar agama Allah, anjuran tersebut selalu disampaikan kepada jama’ahnya. (Stop Iri, Dengki, Takabbur dan Hasud).

“Mudah mudahan jalan Aswaja jalan yang diridhai Allah dan Rasulullah, namun kita tidak boleh mengkafirkan orang, membid’ahkan orang kecuali sebatas yang dibolehkan syariat,”.

Keluarganya :
Istri Ummi Miniarti Lulusan D3 Akper Kesdam Garuda Putih Sriwijaya-Jambi & Alumni Ponpes Alfatah Singkut-Sarolangun-Jambi Asuhan Almarhum (KH. Sayuti Latief).
Abiya diberikan titipan amanah keturunan oleh Allah SWT yakni empat orang anak, tiga perempuan, satu laki-laki.
Anak Perempuan :

  1. Zarina Andini
  2. Zafna Andini
  3. Zefayana Andini
    Anak Laki-Laki
  4. M. Zayan Alfaruqi. Semoga kelak menjadi penerus Ahlussunnah Waljama’ah dan Generasi Islam kedepan. Insya Allah.

24 Tahun Belajar Ilmu Agama di Aceh. (Mulai tahun 1997-2021). Pengabdiannya dibawah Almamater Al-Aziziyah membuat jati dirinya umpama padi.

Semua ulama yang dikagumi tersebut adalah ulama yang beraqidah Ahlussunnah wal Jamaah. Tak heran jika dalam celotehnya atau dakwahnya kini, Abiya Doktor berkomitmen untuk terus maju dalam perahu Aswaja. Wassalam. Salam Hormat.

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.